RSS

Ba-ha-gia

18 Jun

ImageLa vita e bella, life is beautiful. Seringkali bahagia itu di interpretasikan dengan materi, namun sejatinya bahagia menjadi hak setiap orang yang tak harus diinterpretasikan dengan emas, intan, permata atau segala bentuk materi lainnya. Bahagia adalah proses, bukan tujuan. Seringkali kita menjudge diri “aku tak bahagia” karena mimpi-mimpi kita tak kunjung tiba atau bahkan kandas. Padahal sejatinya ketidakbahagiaan yang kita sebut itu adalah rangkaian dari kerangka kebahagiaan kita kelak. Bahagia itu adalah proses bukan tujuan. Tiap langkah dalam menyusuri tapak-tapak kehidupan adalah bagian dari proses. Meski episode  perjalanan hidup kita tak seindah yang kita bayangkan, kita bisa menghadirkan bahagia. Bahagia dengan skenarioNya, bahagia menapaki tangga mimpi yang baru, bahagia..dan bahagia…

Mengeja kebahagiaan. Bisa jadi perihnya hidup, musibah dan ujianNya adalah rangkaian kebahagiaan yang belum utuh. Apakah kita akan meneruskan untuk mengejanya atau memutuskan untuk berhenti, hingga kebahagiaan itu tak utuh.Karna ritme kehidupan terus berjalan, maka bahagiapun adalah pilihan. Apapun melodi kehidupan yang kita mainkan, tak kan indah tanpa nada-nada yang harmoni. Jangan sedih tatkala mengalun pada nada rendah, pun tak perlu jumawa tatkala nada tinggi beradu.

Satu hal yang pasti, yang bertanggungjawab atas kebahagiaan kita adalah diri kita sendiri. Jangan salahkan orang lain atas ketidakbahagiaan kita. Menjadi bahagia adalah bukan karena sikap orang lain yang menyenangkan atau menyakiti kita. Akan tetapi menjadi bahagia adalah karena pilihan diri kita sendiri untuk menjadi bahagia. Menjadi bahagia adalah tentang bagaimana kita mensetting hati, pikiran dan laku keseharian kita, dan semua itu  terletak pada keinginan dan kemauan kita sendiri.

Teman dekat bahagia adalah sabar. Sabaar menjalani garis takdir yang tak mudah dilalui. Bahagia dalam kesabaran kan berbuah kesyukuran. Dan bahagiaku adalah tatkala melihatmu bahagia, wahai Ibu, bapak, saudara-saudariku, guru-guruku, sahabat-sahabatku, berbahagialah. Kjtjk hingga ujung waktu .

 
Leave a comment

Posted by on June 18, 2012 in cawan inspirasi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: