RSS

Money Politic ditinjau dari Differential Association Theory

20 Oct

1. Differential Association Theory

Menurut teori ini, tidak ada tingkah laku kejahatan yang diwariskan dari orang tuanya tapi tingkah laku itu dipelajari melalui pergaulan yang akrab.

 

2. Kasus pidana pemilu ditinjau dari Differential Association Theory.

  1. Tindak pidana pemilu “Money Politik”

Undang-undang No.10 Tahun 2008 tentang pemilu yang di undangkan tanggal 31 Maret 2008 mencabut UU Pemilu sebelumnya dan merupakan pedoman bagi penyelenggara pemilu dan semua pihak-pihak yang terlibat didalamnya serta memberikan sanksi pihak-pihak yang terlibat didalamnya serta memberikan sanksi kepada yang menyelenggarakannya dan sanksi pidana tersebut pada hakikatnya adalam untuk mengawal pemilu yang luber dan jurdil tersebut.

Tentang perbuatan pidana apa saja yang di kategorikan sebagai tindak pidana pemilu telah di atur secara rinci dalam UU No. 10 tahun 2008 pasal 260 sampai dengan 311, sehingga tindak pidana yang dilakukan dan terjadi dalam rangka pemilu, diluar yang disebut pasal di atas tidak dapat di kategorikan sebagai tindak pidana pemilu. Sedangkan pengadilan yang memberikan wewenang oleh UU ini untuk menyelesaikan perkara tidak pidana pemilu adalah pengadilan negeri/pengadilan umum, sebagaimana bunyi pasal 252  UU No.10 Tahun 2008 “bahwa pelanggaran pidana pemilu yang diatur dalam UU ini yang penyelesaian dilaksanakan melalui pengadilan dalam lingkungan peradilan umum” sedangkan hakimnya adalah hakim khusus. Tindak pidana pemilu proses perkaranya maksimal hanya pada tingkat banding, sehingga upaya kasasi dan peninjauan kembali tidak berlaku dalam perkara ini, sebagaimana pada pasal 255 ayat (5) UU No.10 tahun 2008 “bahwa putusan pengadilan tinggi merupakan putusan terakhir dan mngikat dan tidak ada upaya hukum lain”, maksudnya tidak adanya upaya hukum lain dalam penjelasan UU tersebut adalah upaya kasasi dan peninjauan kembali (PK).

Money politik merupakan salah satu tindak pidana pemilu yang pengaturan pidananya telah diatur dalam UU no.10 tahun 2008. Tindak pidana ini seringkali terjadi ketika Pemilu berlangsung, terkenal dengan nama “serangan fajar”.

 

  1. Ditinjau dari Differential Association Theory
  • Menurut teori ini, Money politik (pidana pemilu) adalah suatu perbuatan yang dipelajari, tingkah laku kejahatan ini bukan semata-mata warisan dari orang tua. Tingkah laku ini dipelajari dari interaksi dengan orang lain yang didalamnya timbul proses komunikasi. Jadi money politik ini merupakan tindakan yang dipelajari bukan proses mekanis tapi suatu tindakan hasil dari interaksi dengan kelompoknya dan terjadi komunikasi didalamnnya.
  • Money politik ini berasal dari suatu kelompok pergaulan, disini adalah partai atau calon legislative (Caleg). Tindak pidana ini merupakan kesepakatan kelompok yang kemudian direalisasikan. Tentu saja interaksi dalam partai itu, satu sama lainnya telah akrab sehingga terjadi kesepakatan bersama.
  • Tindak pidana ini dipelajari, bukan semata-mata mempelajari tindakan ini, namun juga trik serta teknik-tekniknya. Jadi bagaimana money politik ini dijalankan, namun juga modus serta bagaimana tindakan ini bisa berhasil dan masyarakat menerimannya.
  • Bisa jadi tindak pidana politik ini merupakan dampak dari adanya undang-undang yang melarang, sehingga membuat orang melakukan tindakan tersebut.
  • Tindakan ini dilakukan sebagai suatu tindakan yang menguntungkan bagi kelompoknya namun juga bagi diri si pelaku.
  • Seseorang atau kelompok yang melakukan perbuatan ini juga memperhatikan bagaimana tingkat prioritas dan intensitasnya. Seberapa besar money politik ini berpengaruh dan bermanfaat bagi kelompok serta dirinya.
  • Dalam mempelajari money politik ini melalui asosiai dengan pola-pola tertentu. Melalui asosiasi inilah yang kemudian menghasilkan tingkah laku money politik.

Money politik bagi orang atau kelompok yang melakukannya dianggap sebagai suatu kebutuhan.

 
Leave a comment

Posted by on October 20, 2010 in artikel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: