RSS

setelah 81 tahun Sumpah Pemuda

04 Nov

LEBIH dari delapan dekade sudah bangsa ini bersatu padu dalam ikrar Sumpah Pemuda. Pada Oktober 1928, segenap pemuda bangsa ini mengikrarkan diri untuk satu komando satu perjuangan dalam mencapai cita-cita bangsa melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Perjuangan kemerdekaan hingga proklamasi dilangsungkan, bahkan pasca-kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan rangkaian peristiwa historis bangsa lainnya tidak luput dari peran pemuda. Pemuda dengan kegigihannya yang dibungkus semangat membara dalam satu barisan sangat mencintai tanah airnya.

Pernah suatu ketika seorang sosialis Belanda mengejek nama”Indonesia” dan seorang pemuda gagah berani, Hatta, menangkis dengan tegas bahwa, “Bangsa kami Indonesia adalah suatu pernyataan dari tujuan politik, karena nama ini melambangkan dan menyuarakan Tanah Air di masa depan.” Hal ini menggambarkan bahwa bangsa Indonesia bukanlah suatu bangsa yang diwariskan, namun suatu bangsa yang diperjuangkan. Semangat yang menyala dalam diri Hatta menjadi cerminan pemuda yang nasionalis, tidak menginginkan Bumi Pertiwi ini dihina, apalagi dilecehkan dan ditindas bangsa lain meskipun hanya sekadar kata-kata.

Kondisi sekarang teramat jauh berbeda dengan kondisi masa lampau. Realita yang ada sekarang adalah pemuda cenderung kehilangan arahnya. Fakta ini sangat jauh meleset dari apa yang dicita-citakan bangsa dan harapan para founding fathers. Pemuda yang notabene sebagai calon pemimpin bangsa relatif kurang berdaya, tidak sehebat dulu. Bahkan, pasca-reformasi pun puing-puing permasalahan bangsa masih sangat banyak dan berserakan.

Kini telah lewat 81 tahun sudah para pemuda bangsa ini melakukan gerakan perubahan. Melihat realitas sekarang, kita sadar bahwa bangsa ini membutuhkan kontribusi besar dari para pemuda tulang punggung perjuangan.Duta masyarakat.com

 
Leave a comment

Posted by on November 4, 2009 in artikel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: